ngabuburIT 2016: Pentingnya Literasi Digital

Kesadaran terhadap pentingnya literasi digital semakin menunjukkan tren yang baik. Kepedulian orang tua dan guru terhadap hal ini perlu dijaga semangat dan momentumnya. Literasi Digital adalah ketertarikan, sikap dan kemampuan individu yang secara menggunakan teknologi digital dan alat komunikasi untuk mengakses, mengelola, mengintegrasikan, menganalisis dan mengevaluasi informasi, membangun pengetahuan baru, membuat dan berkomunikasi dengan orang lain agar dapat berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.

Walaupun di setiap negara memiliki definisi literasi digital yang berbeda-beda karena menyangkut sistem kebijakan dan kemajuan teknologinya, akan tetapi pada dasarnya memiliki konsep dasar yang sama yaitu kemampun dalam menggunakan dan memahami pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi misalnya dalam mendukung dunia pendidikan dan ekonomi.
Pentingnya mengetahui tentang literasi digital di era saat ini mengingat data dan informasi akan terus bertambah tanpa terkontrol. Jika tiap individu tidak membekali diri dengan kemampun literasi digital, maka akan semakin sulit untuk mencari informasi yang benar-benar bernilai. Salah satu fungsi mendapatkan informasi bernilai adalah agar cepat mengambil keputusan yang baik hingga akhirnya dapat bertindak. Mendapatkan informasi yang bernilai merupakan salah satu manfaat dari literasi digital.
eflyer ngabuburit 2016 update 1306_kecil

ICT Watch bersama Kopdar Surabaya mengadakan Ngabubur-IT 2016 yang mengangkat tema “Pentingnya Literasi Digital”. Penyelenggaraan Ngabubur-IT 2016 digelar di 4 kota berbeda setiap tahunnya. Kali ini Kota Surabaya mendapatkan giliran dan jadwalnya adalah sebagai berikut:

Surabaya, 18 Juni 2016. Host: Komunitas ICT Surabaya
informasi dan pendaftaran: @kopdarsurabaya | 0856-4850-6364 (up: Frenavit)

Acara ini gratis, terbuka untuk umum dan disediakan ta’jil berbuka puasa serta aneka merchandise dari para pihak yang turut mendukung.

Ngabubur-IT 2016 terlaksana atas kerja sama para pihak (multistakeholder) yang memiliki kepedulian yang sama tentang pentingnya literasi digital di Indonesia. Kerja sama multistakehoder ini, mewakili unsur Pemerintah, Swasta, Organisasi Masyarakat Sipil dan Komunitas yaitu (urut berdasarkan abjad): Aceh Smart City, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), ICT Watch, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Kopdar Surabaya, Relawan TIK Indonesia, Telkomsel dan Qwords Indonesia.

Ngabubur-IT 2016 di tiap kota akan menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Diskusi ini terbuka untuk umum. Anda yang berada di 4 kota tersebut di atas, silakan menghubungi penyelenggara setempat.

Susunan acara secara umum (dapat disesuaikan berdasarkan situasi dan kondisi):

– 14:30 – 15:00: Pendaftaran Ulang Peserta
– 15:00 – 15:30: Nobar Film ASADESSA
– 15:30 – 16.30: Talkshow Sesi 1 (Narasumber: multistakeholder)
– 16:30 – 17:30: Talkshow Sesi 2 (Narasumber: multistakeholder)
– 17:30 – 18:00: Persiapan Buka Puasa (Tausiah dan Kultum)
– 18:00 – 18:30: Berbuka puasa, Shalat Maghrib, Selesai

Advertisements

One thought on “ngabuburIT 2016: Pentingnya Literasi Digital

  1. Pingback: Field Report Ngabubur-IT “Pentingnya Literasi Digital” | KoLU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s